pic
Sejarah UMM Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) berdiri pada tahun 1964, atas prakarsa tokoh-tokoh dan Pimpinan Muhammadiyah Daerah Malang. Pada awal berdirinya Universitas Muhammadiyah Malang merupakan cabang dari Universitas Muhammadiyah Jakarta, yang didirikan oleh Yayasan Perguruan Tinggi Muhammadiyah Jakarta dengan Akte Notaris R. Sihojo Wongsowidjojo di Jakarta No. 71 tang-gal 19 Juni 1963. Pada waktu itu, Universitas Muhammadiyah Malang mempunyai 3 (tiga) fakultas, yaitu (1) Fakultas Ekonomi, (2) Fakultas Hukum, dan (3) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Jurusan Pendidik...
pic
Kepemimpin di Alam Terbuka Kepemimpinan Kepemimpinan (leadership) pada hakekatnya adalah sikap , pikiran dan semangat kejiwaan (state of mind and stite of spirit), yang terpanggil untuk memimpin untuk dengan segala macam ucapan, perbuatan dan perilaku hidup, untuk mendorong dan mengantarkan yang dipimpinnya kearah tujuan bersama. Dengan demikian , dimensi kepemimpinan mencangkup aspek yang luas, sejak penampilan pribadi (individual), hubungan antar pribadi dan bidang hubungan-hubungan dalam organisasi. Kajian kepemimpinan di alam terbukan pada Diklatpim Tingkat. IV, focus pengkajia...
pic
A. Latar Belakang Keberhasilan seorang pemimpin dapat ditentukan oleh sifat-sifat, perangai atau ciri-ciri yang dimiliki oleh pemimpin itu. Sifat tersebut dapat berupa sifat fisik atau sifat psikologis. Untuk menjadi seorang pemimpin yang berhasil sangat ditentukan kemampuan pribadi pemimpin. Kemampuan pribadi yang dimaksud adalah kualitas seseorang dengan berbagai macam sifat-sifat, perangai atau ciri-ciri di dalamnya. Oleh karena itu timbul usaha para ahli untuk meneliti dan memerinci lebih jauh kualitas seorang pemimpin yang berhasil di dalam melaksanakan tugas-tugas kepemimpinannya, kemu...
pic
Kepemimpinan sesungguhnya tidak ditentukan oleh pangkat atau pun jabatan seseorang. Kepemimpinan adalah sesuatu yang muncul dari dalam dan merupakan buah dari keputusan seseorang untuk mau menjadi pemimpin, baik bagi dirinya sendiri, bagi keluarganya, bagi lingkungan pekerjaannya, maupun bagi lingkungan sosial dan bahkan bagi negerinya. Oleh ARIBOWO PRIJOSAKSONO Hal ini dikatakan dengan lugas oleh seorang jenderal dari Angkatan Udara Amerika Serikat: ”I don’t think you have to be wearing stars on your shoulders or a title to be a leader. Anybody who wants to raise his hand can be ...
pic
Imam Safi'i kelahiran asli kota tercinta saya yaitu kota Bojonegoro, lahir tepatnya di bojonegoro tanggal 28 juni 1991, sekarang saya berumur 19 tahun dan kegiatan saya yaitu kuliah di kota dingin yaitu kota malang tepatnya saya kuliah di universitas muhammadiyah malang.  ...
Aug

20

Kepemimpin di Alam Terbuka

Kepemimpinan

Kepemimpinan (leadership) pada hakekatnya adalah sikap , pikiran dan semangat kejiwaan (state of mind and stite of spirit), yang terpanggil untuk memimpin untuk dengan segala macam ucapan, perbuatan dan perilaku hidup, untuk mendorong dan mengantarkan yang dipimpinnya kearah tujuan bersama. Dengan demikian , dimensi kepemimpinan mencangkup aspek yang luas, sejak penampilan pribadi (individual), hubungan antar pribadi dan bidang hubungan-hubungan dalam organisasi.

Kajian kepemimpinan di alam terbukan pada Diklatpim Tingkat. IV, focus pengkajiannya pada tingkat individual (trusf worthiness) dan hubungan antar pribadi dalam kelompok (trust) serta manajerial atau kepemimpinan dalam kelompok (team work).

Potensi, Kepribadian, Sikap dan Perilaku Diri Sendiri dan Orang lain

Setiap individu pada hakekatnya memiliki potensi yang dapat dikembangkan, berbagai potensi tersebut, mencangkup :

  1. Kemampuan dasar, seperti tingkat intelegensia, kemampuan abstraksi, kemampuan logika, dan imajinasi serta daya tangkap.
  2. Kemampuan-kemampuan dalam sikap bekerja, seperti ketekunan, ketelitian, tempo kerja dan daya tahan terhadap stress.
  3. Kemampuan yang tercermin dalam kepribadiannya, yaitu kebiasaan-kebiasaan efektif, baik secara fisik, sosial emosional maupun secara mental spiritual. (St. Poul Society, dlaam Pranoto, 1999, dan Stephen covey, 1996).

Manusia pada hakekatnya sama, yaitu makluk bumi yang mendapat anugrah lebih dari pada hewan dan mahluk lainnya. Kelebihan tersebut mencangkup : mental intelektual, spiritual, imajinasi dan nurani yang dapat membedakan yang salah dan benar (Stephen Coovey, 1996). Keempat komponen manusiawi tersebut merupakan potensi yang dimiliki manusia (human resource endowments) yang dapat menjadikannya sebagai pemimpin di muka bumi ini.

Bersamaan dengan perkembangan cyrclus hidup alamiahnya, (tidak ada, lahir, bayi, kanak-kanak , dewasa, tua, dan tidak ada lagi), kemampuan manusia untuk memanfaatkan keempat potensi manusiawi dimuka berkembang pula. Dalam perkembangan kematangan yang berkelanjutan (maturity continuum) ini (lihat gambar 2), kemudian dapat diidentifikasikan adanya perbedaan-perbedaan dalam kepribadian , sikap dan perilaku.

Gambar 2. Tingkatan Kematangan Seseorang

Kepribadian (personality) seseorang, merupakan penampilan karakter yang nampak sehari-hari dan dapat dinilai oleh ornag lain. Hubungan antara karakter dan kepribadian ini, seperti nampak pada gambar 3, merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. Walaupun sering kepribadian yang nampak bukan cerminan karakter yang sebenarnya, tetapi yang ideal adalah apabila karakter yang sebenarnya, tetapi yang ideal adalah apabila karakter seseorang tercermin dalam kepribadiannya (tidak ada kepalsuan).

Gambar 3. Karakter dan Kepribadian Seperti

Gunung Es Ditengah-tengah Samudra

Kepribadian seseorang yang berkembang (dapat dikembangkan) antara lain sifat-sifat ketegasan dalam mengabil keputusan, berpandangan positif (positive thinking), mawas diri, tenggang rasa, obyektivitas,dan tanggung jawab. Keenam sifat-sifat kepribadian yang berkembang inilah yang membedakkan sikap dan perilaku antara manusia yang satu dengan lainnya, antara pemimpin dan pengikut, antara pemimpin yang satu dengan yang llainnya. (sumber : Edwin A. Locke & Associates, 1997, Esensi Kepemimpinan, Terjemahan Aris Ananda, Penerbit : Spektrum)

Leave a Reply

Search

Archives

  • Categories

  • August 2010
    M T W T F S S
         
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    3031  

    universitas muhammadiyah malang

    Categories

    Copyright © 2014 Kepemimpinan - cintailah dirimu sendiri
    Powered by WordPress using a Free Biolery Wordpress Theme. Subscribe to our RSS
    Biofuel, Wood Pellets, Wood Pellet Stoves